Rabu, 09 Mei 2007

Ngajar anak SD!!

Beberapa hari yang lalu, aku mendapat kesempatan untuk menjadi guru tamu pada sebuah SDIT di Bandung. aku tak sabar, membayangkan seperti apa anak-anak yang akan aku hadapi. Ini pertama kalinya untuk aku menghadapi anak-anak kecil. Kalo hanya satu dua sih aku sudah biasa, tapi kalo sekumpulan anak kecil?

Aku berangkat pagi-pagi sekali dengan hati tak karuan, kalo boleh jujur, rada deg-degan . soalnya, ini pertama kalinya aku mengajar anak SD. Sesampainya di sana, aku menulis Lesson Plan. Aku yang mendapat kesempatan mengajar matematika pada anak kelas dua SD semakin grogi. Masalahnya aku bingung, entah bagaimana caranya mengajarkan matematika anak kelas 2SD.

Akhirnya aku bertemu dengan anak-anak itu. Kulihat mereka lucu-lucu sekali. Setelah kumulai dengan mengucapkan basmalah bersama-sama, aku memulai dengan bercerita. Dan sebelumnya kuberi pemahaman tentang matematika “jangan pernah anggap matematika itu sulit, sebenarnya matematika itu gampang lo” kataku pada anak-anak. Terus tiba-tiba kompak mereka baca surat Al-Insyiroh “Alam nasyroh laka shodrok..Warofa’na laka dzikrok…” dan membaca artinya “…, Setelah kesulitan akan ada kemudahan” jelas aku bingung, kaget dan sama sekali ga menyangka. Saking dekatnya mereka dengan Al-Qur’an, sepertinya setiap ada kejadian dalam hidupnya, itu mengingatkan mereka pada ayat – ayat dalam Al-Qur’an, padahal mereka masih kelas dua SD. Senang dan haru, perasaan itu yang kurasakan pertama kali.

Tapi kemudian ada sebuah pertanyaan yang menohok, aku yang sudah sebesar ini apakah sudah bisa sepaham dan sedekat itu dengan Al-Qur’an ?

3 komentar:

  1. Wah, kayaknya seru ngajar anak SD ya sin..? katanya siy,kalo lagi BT,jadi ilang deh BT-nya.. Abis lucu siy melihat kepolosan mereka.. Sukses ya bu guru! ;p

    BalasHapus
  2. hai titi...yuti...
    senangnya bisa kembali di dunia blog ini. pa kabar?
    hehe...sebenernya ngajarnya cuman sekali. anaknya lucu2 bgt
    kalo untuk ngajar SD terus, kynya enggak deh :) harus ekstra sabar

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...