Minggu, 27 Maret 2005

Menjadi Asing Karena Cinta

Diakui atau tidak, cinta memiliki daya tarik yang luar biasa. Seseorang yang menyimpan cinta menggebu dalam hatinya, pasti akan tenggelam dalam samudra cinta yang menghanyutkan itu.
Penganut cinta merasakan dunianya sendiri, sambil berjalan menuju apa yang dicintainya.
Cinta mengajarkan kerinduan,
Dimana para pencinta lebih menyukai kesendirian untuk mengekspresikan suasana hatinya yang dipadati rasa rindu yang menggelora
Cinta juga menuntut kesetiaan,
Sehingga para pecinta merelakan kesengsaraan dan penderitaan sebagai sesuatu yang lazim dalam dunia cinta
Bahkan tak jarang, penderitaan, kesulitan, dan kesengsaraan justru menjadi pelecut cinta, membuat cinta jadi bertambah manis, indah dan penuh kenikmatan

“Katakanlah, jika kalian(benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa Kalian” (Q.S ali Imron:31)

Inilah cerita tentang manusia-manusia penuh cinta. Mereka mencintai kekasih agungnya, Allah SWT jauh melebihi kecintaan pada diri mereka sendiri. Kecintaan mereka tidak pernah pupus dan luntur ditelan waktu. Cintanya malah semakin hari semakin membara meski penderitaan dan kesulitan harus dilaluinya. Hal tersebut tidak lain adalah sebagai manifestasi rasa cintanya yang besar kepada sesuatu yang dicintai. Kadangkala ia tidak pernah lagi memperhatikan pujian atau celaan manusia. Baginya celaan atau pujian adalah sesuatu yang sama, tidakakan mempengaruhi diri dan rasa cintanya

Belajar dari nabi Musa, manusia tangguh dalam berdakwah di jalan Allah. Ia dikahirkan dari seorang ibu yang tertindas dalam komunitas budak di bawah jajahan Fir’aun. Allah berkehendak lain, Dia menjamin kehidupan Musa yang kemudian dibesarkan dalam lingkungan musuh besarnya sendiri. Ia hidup di Istana megah, namun dirinya dipenuhi bibit-bibit pemberontak. Musa, manusia tangguh yang lebih memilih menjadi Al-Ghuroba’, berpisah dan mengasingkan diri dari kesombongan dan kekufuran Fir’aun dan pengikutnya.
Allah menjelaskan keadaan dirinya sebagai al-ghuroba’ saat melarikan diri dari kaum Fir’aun dan tiba di Madyan, ia berkata, “Ya Rabbi, aku dalam keadaan sendirian, takut dan asing” (Rangkaian cerita dari surat Al-Qashash).

Dengan penuh cinta Allah membalas kekhawatiran Musa , “Hai Musa, yang sendirian adalah yang tidak punya pendamping seperti Aku. Orang sakit adalah orang yang yang tidak mempunyai tabib seperti Aku dan orang yang asing adalah yang tidak mempunyai mu’amalah antara Aku dan dirinya”.

Subhanallah, Cinta dibalas dengan cinta, menumbuhkan kekuatan, keberanian, percaya diri dan harapan yang besar . gumpalan rasa itu memenuhi seluruh jiwa Musa tatkala Allah SWT mendampinginya dalam perjuangan yang sedang ia hadapi. Sejarah kemudian mencatat kemenangan besar Musa as, manusia tangguh dan kokoh, laksana gunung, melawan Fir’aun, dan pengikutnya.

Al-Ghuroba’...mereka adalah manusia-manusia asing yang terpuji dan berbahagia. Dalam dada mereka berkumpul cinta yang suci dan murni. Mereka menghabiskan hidupnya untuk pengabdian cinta itu. Setiap saat dan tempat selalu berusaha mngekspresikan pengabdian itu.

Merekalah seperti yang dikatakan oleh Umar bin Khattab ra tatkala menhibur Muadz bin Jabbal yang duduk sambil menitikkan air mata memandangi rumah Rosulullah saw, “Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang suka sembunyi-sembunyi, miskin, bertakwa dan berbuat kebajikan. Jika mereka tidak tampak mereka tidak dicari, dan apabila mereka tampak, maka mereka tidak dikenali. Hati mereka adalah pelita-pelita petunjuk. Mereka keluar dari segala cobaan yang buta dan gelap”

Wallohua’lam bishshowab


Terimakasih untuk teteh, teman2 dan adik2, yang selalu memberikan energi yang luar biasa setiap pekannya
yang membuatku tidak pernah merasa sendiri ,
yang membuatku rela..menjadi asing demi cinta...

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, ada informasi bermanfaat di http://tokoalghuroba.wordpress.com terkait produk-produk PJ Al-Ghuroba. Silakan buka situs blog Al Ghuroba' segera. Barakallahufiikum.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...